Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya - Komputer saat ini memang sudah banyak sekali digunakan oleh para pelaku bisnis maupun juga para pekerja yang memanfaatkan dan menggantung kan pekerjaan mereka pada perangkat yang satu ini. Komputer sendiri adalah sebuah perangkat yang memiliki beberapa system, agar bisa berjalan semestinya. Perangkat tersebut adalah berupa perangkat Lunak atau biasa disebut sebagai software dan juga perangkat keras atau yang biasa disebut dengan hardware.

Dan pada artikel kami berikut ini kami akan membahas mengenai perangkat keras pada komputer serta fungsi yang dimilikinya, khususnya pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai jaringan computer. Jaringan komputer sendiri ialah kumpulan lebih dari satu komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, terhubungnya satu komputer dengan komputer yang lain ini dikarenakan oleh adanya kabel maupun juga non kabel, sehingga bisa membentuk sebuah jaringan komputer yang saling terhubung.

Hal ini bisa memungkinkan untuk komputer yang saling terhubung tersebut bertukar informasi baik dari server ke client maupun juga dari client ke client dan dari client ke server. Berikut ini adalah elemen-elemen dari sebuah jaringan computer, khususnya adalah pada bagian hardware yang bisa membentuk sebuah jaringan komputer berjalan dengan semestinya.

perangkat keras jaringan komputer

Perangkat hardware yang digunakan untuk jaringan komputer supaya bisa berjalan dengan normal adalah sebagai berikut :

1. Komputer Server
Yang pertama adalah komputer server, server sendiri adalah pusat dari semua jaringan komputer yang bisa menghubungkan beberapa komputer sekaligus. Yang mana komputer server ini adalah pemegang kendali dari semua data penting yang bisa disebarkan melalui jaringan internet kepada seluruh pengguna jaringan komputer yang digunakan dan komputer server ini.

Komputer server ini akan saling berhubungan dengan computer-komputer client, yaitu adalah komputer yang bisa mengakses data yang disebarkan dari komputer server itu sendiri. Fungsi utama yang dimiliki oleh komputer server adalah pemilik database atau informasi yang bisa disebarkan dan dikirimkan pada seluruh jaringan komputer yang dimilikinya. Dan kecanggihan fungsi pada CPU yang dimiliki oleh komputer server ini adalah hal yang paling penting dan sangat penting untuk bisa semakin memberikan kemudahan didalam bertukar informasi antara komputer server dengan komputer client.


Dan untuk operasi pada komputer server ini harus bisa dioperasikan secara penuh, yakni 24 jam setiap hari dan 7 hari tiap minggunya. Maka dari itu untuk komputer server ini spesifikasi yang dibutuhkan untuk komputer serta perangkatnya yang lain pun harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan lebih bagus daripada komputer pada umumnya, seperti pada power supply yang lebih baik, harddisk berkapasitas besar, prosesor yang lebih cepat dan tidak mudah panas, serta kapasitas RAM nya yang besar dan spesifikasi-spesifikasi khusus lain yang bisa semakin menambah kualitas dari pada komputer server ini.

2. Komputer User Atau Client
Yang kedua adalah komputer user atau komputer clientpengertian, secara umum komputer client Ini adalah sebuah komputer yang bisa digunakan untuk dapat memperoleh informasi dan data dari pada komputer server, spesifikasi yang dimiliki oleh komputer client ini tidak perlu se-spesifik pada komputer server, dikarenakan komputer yang ini hanya berguna sebagai pencarian kebutuhan informasi maupun data bermain game online maupun keperluan lain yang bisa dioperasikan oleh manusia secara manual.

Baca Juga:
Langkah Mempercepat Shutdown Komputer Pada Windows 7
Cara Menggunakan Usb Fingerprint Dari Synaptics Laptop dan Pc
Keuntungan Dan Kerugian Jaringan Komputer


Dan itulah beberapa hardware pada jaringan komputer beserta fungsinya yang bisa saya jelaskan pada artikel kali ini, semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.