Langkah Mempercepat Shutdown Komputer Pada Windows 7

Langkah Mempercepat Shutdown Komputer Pada Windows 7 - Apakah anda memiliki komputer maupun laptop yang memiliki waktu cukup lama untuk shutdown ? Mungkin hal tersebut bisa membuat anda tidak sabar bahkan merasa jengkel, karena harus menunggu komputer maupun laptop yang lama sekali matinya. Apalagi jika anda sedang terburu-buru dan harus pergi ke suatu tempat maupun memiliki urusan lain yang harus anda lakukan.

Selain hanya menunggu komputer dan laptop Anda mati, anda juga tidak bisa dengan paksa langsung menutup monitor komputer maupun laptop Anda secara langsung sebelum komputer laptop Anda mati, dikarenakan hal ini bisa mempengaruhi kinerja pada sistem Windows maupun juga komputer laptop anda sendiri. Maka dari itu pada artikel kali ini saya ingin membagikan Bagaimana cara untuk mempercepat shutdown, utamanya pada anda yang menggunakan sistem Windows 7 pada komputer maupun laptop anda. Silahkan ikuti cara-cara di bawah ini agar anda tidak lagi harus menunggu lama untuk hanya memastikan komputer atau laptop Anda mati.

mempercepat shutdown windows 7

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya proses shutdown yang berlangsung di komputer maupun laptop anda dengan sistem operasi Windows 7 semakin cepat :

1. Yang pertama harus anda lakukan yaitu dengan melakukan pengubahan setelan pada registry di komputer laptop anda. Caranya yaitu :

  • Dengan mengetikkan regedit pada Start menu di komputer laptop Anda. 
  • Kemudian tuggu hingga terbuka dan carilah menu dengan tulisan registry editor, maka Bukalah registry editor tersebut. 
  • Kemudian jika sudah terbuka  lanjutkanlah dengan menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\currentcontrolset\Control.  
  • Kemudian jika sudah ketemu Carilah baris waittokillservicetimeout, disitu adalah pengaturan yang mengatur waktu atau nilai yang membuat proses shutdown pada komputer anda menjadi lama. 
  • Jika pada komputer Anda masih belum tertulis 2000 nilai nya, maka Ubahlah nilai tersebut menjadi 2000. 
  • Jika sudah maka anda bisa langsung menuju ke langkah yang selanjutnya yaitu pada desktop di komputer anda. Caranya adalah :

  1. Dengan berpindah ke HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop  
  2. Jika sudah maka Carilah baris yang memiliki tulisan waittokillapptimeout 
  3. Jika sudah ketemu maka anda bisa langsung lanjut ke tahap berikutnya, namun jika tidak ditemukan maka anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yaitu :
  • Klik Klik Kanan pada halaman tersebut 
  • Kemudian Pilihlah new dengan cara Click Arrow 
  • Kemudian Pilihlah string value  
  • Jika sudah maka berilah nama waittokillapptimeout  dan data yang diminta pada bagian value 
  • Anda bisa isikan dengan nilai 2000 
  • Kemudian jika sudah maka anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu carilah kata autoendtasks,  Hal ini dilakukan untuk bisa memberikan nilai value  pada data di Windows Anda agar bisa menjadi satu
  • Jika anda sudah selesai Pada tahapan dan langkah ini, silahkan tutup registry editor Anda. Kemudian lanjut pada tahap selanjutnya yaitu membuat shortcut.
2. Membuat shortcut ini sebenarnya adalah cara kedua yang bisa anda lakukan selain cara diatas tadi, caranya yaitu :
  • Dengan mengklik kanan pada desktop komputer laptop anda 
  • Kemudian Pilihlah new dan carilah tulisan shortcut, 
  • Jika sudah maka akan ada tampilan yang bertuliskan create shortcut, di sana akan ada sebuah kolom yang meminta anda untuk mengisikan sebuah data .maka dari itu isikanlah data shutdown.exe -s -t 00 -f  pada kolom tersebut.
Baca Juga:

Jika sudah maka proses untuk shutdown pada perangkat komputer maupun laptop anda dengan Windows 7 pun sudah bisa berjalan lebih cepat lagi. Dan itulah cara-cara serta langkah yang bisa Anda terapkan dan ikuti untuk membuat proses shutdown pada komputer laptop semakin cepat. Semoga cara dan langkah pada artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda, dan semoga dapat menambah pengetahuan anda, silahkan dicoba dan terima kasih.