Trik dan Tips Cara Mengatasi Hp Android Lemot juga Lambat

Trik dan Tips Cara Mengatasi Hp Android Lemot juga Lambat – Sekedar pengetahuan bagi anda semua bahwa Android, Inc. telah didirikan oleh Andy Rubin sekitar tahun 2003 yang keberadaannya di Palo Alto, California. Ponsel Android yang diusung lebih unggul daripada sistem operasi lainnya. Karenanya kemudahan dalam sistem pengaturan sangat friendly bagi pengguna smartphone. Buruknya kerap terjadi perlambatan pada kinerjanya.

Ketika smartphone yang anda gunakan sudah mulai melambat dalam menjalankan perintah atau aplikasi, kemungkinan banyak menginstalkan aplikasi atau cache aplikasi yang menyebabkan ponsel pintar anda menjadi lemot bahkan akan berakhir dengan nge-hang. Jika RAM pada perangkat Android mungkin bisa menjadi salah salah satu cara cerdas. Namun, itu tidak cukup sebaiknya ikutilah trik dan tips cara mengatasinya berikut.

android lemot

Trik dan Tips Cara Mengatasi Hp Android Lemot juga Lambat

1. Membersihkan Cache 
Cache merupakan sisa data penyimpanan berkelanjutan saat menjalankan aplikasi. Pada browser cache biasa dikenal dengan history. Jika cache menumpuk dari beragam aplikasi tersebut mampu memicu kinerja Android menjadi lebih lambat. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di Google Play Store, sehingga tidak ada penumpukan cache berlebih. Baca : Cara Bersihkan Cache di Android Sampai ke Akar

2. Mengurangi Penggunaan Widget 
Meskipun widget berguna dalam memberikan informasi yang terbilang penting bagi pengguna Android. Akan tetapi, menggunakan widget secara berlebihan pasti akan menjadikan kinerja smartphone lemot. Setidaknya membatasi penggunaan widget Android dengan berlebihan.

3. Menghindari Pemakaian Live Wallpaper 
Live wallpaper akan menjadikan tampilan pada ponsel Android terlihat lebih cantik dan menarik. Namun, taukah anda menjalankan live wallpaper akan memerlukan kinerja GPU yang befungsi sebagai render grafik bergerak. Alangkah baiknya hindari penggunaa live wallpaper secara berlebihan pada smartphone.

4. Mematikan Auto Update Apps
Salah satu kegunaan Auto Update Apps adalah mendapatkan versi terupdate dari beragam aplikasi atau game terbaru yang telah diinstal di ponsel pintar anda sebelumnya. Kenyataannya fitur tersebut akan menjadi beban pada memori, terlebih saat menginstal maupun mengunduh aplikasi yang dibarengi dengan menjalankan aplikasi lain.

5. Memperbaharui Firmaware 
Firmware merupakan sebuah sistem operasi pada perangkat ponsel yang termasuk mempunyai update versi tersendiri. Cara yang bisa anda lakukan yakni dengan memperbaharui versi sistem operasi yang dipakai pada smartphone, sehingga kinerja akan mengalami peningkatan kembali sekaligus mampu mengatasi aplikasi tidak kompatibel.

6. Menutup Aplikasi Berjalan pada Background
Seringkali para pengguna Android menutup aplikasi dengan menekan tombol ‘home’. Padahal aplikasi masih tetap berjalan pada background. Cara yang tepat, yakni dengan menutup Tap dan tahan tombol ‘home’ pilih Task Manager, lantas Tap Active Aplication, maka akan muncul list aplikasi yang aktif, barulah anda Klik End untuk menutup aplikasi.

7. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal
Biasanya smartphone yang banyak beredar pada pasaran mempunyai memori internal yang kecil. Apabila anda menginstal aplikasi yang terlalu banyak akibatnya memori internal akan penuh, sudah ditebak bahwa Android anda akan melambat. Jadi, anda bisa mengatasi dengan memindahkan aplikasi di memori internal ke memori eksternal.

Baca Juga :
Sekian trik dan tips cara mengatasi smartphone Android Lemot maupun lambat. Perlu anda ketahui selain aplikasi yang banyak diinstal juga akibat dari spesifikasi ponsel tidak cukup tangguh dalam melakukan multitasking. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Selamat mecoba, salam!.