Cara Backup dan Restore IMEI Android Dengan Mobileuncle MTK Tools

Cara backup dan restore imei Android tanpa PC dengan Mobileuncle MTK Tools - Pada kesempatan ini saya akan memberikan tips untuk para mastah Android yang suka ganti-ganti custom rom pada perangkatnya. Yaitu cara untuk mem-backup imei, kenapa harus di backup? Yah nomor imei merupakan nomor yang sangat penting di Android, karena tanpa nomor imei maka smartphone anda tidak akan bisa mendeteksi jaringan telepon maupun internet, dengan kata lain smartphone anda tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

IMEI adalah singkatan dari (International Mobile Equipment Identity) biasanya berjumlah antara 15 sampai 17 digit angka. Cara untuk melihat nomor imei Andoid adalah dengan menekan tombol dailer *#06# atau anda bisa melihatnya pada rangka perangkat di belakang baterai.  Penyebab nomor imei Android hilang biasanya setelah melakukan installasi custom rom, atau setelah upgrade stock rom kerana faktor perbedaan antara system rom dengan frimeware perangkat. Maka perangkat akan mengalami gagal deteksi nomor imei.

Nah, untuk mengantisipasi masalah hilangnya imei pada perangkat anda, anda perlu melakukan backup, agar ketika terjadi imei hilang, anda tidak perlu lagi repot mencari tutorial cara mengembalikan imei hilang di Android. Karena anda sudah menyimpan backup-nya di memory smartphone yang bisa anda restore secara mudah dan cepat.

Cara backup imei Android sangat lah mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa PC.  Yaitu dengan menggunakan aplikasi Mobileuncle MTK Tools yang dapat anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi ini men-support semua perangkat Android yang menggunakan prosessor MTK seperti Lenovo A316i, Andromax C dan yang lainnya. Namun sayangnya aplikasi Mobileuncle hanya akan bisa berjalan pada Android yang sudah di root. Baca Cara Mudah Root Semua Android Dengan KingRoot Tanpa PC.

Cara Backup IMEI Android Tanpa PC :

1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Mobileuncle MTK Tools melalui Google Play.
2. Jika aplikasinya sudah terinstall, maka silahkan anda jalankan.
3. Jika SuperSU meminta hak ijin akeses root, maka silahkan pilih ijinkan.
4. Selanjuntnya pilih menu IMEI Backup Restore (MTK).

Backup imei Android

5. Kemudian untuk mem-backup silahkan pilih Backup IMEI to SDCARD(MTK) dan Backup IMEI to SDCARD2(MTK). Jika anda memilih SDCARD maka file backup anda akan masuk ke memory internal smartphone anda. Jika anda memilih yang SDCARD2 maka file backup akan tersimpan di external memory anda. Sebaik pilih dua-dua nya agar lebih aman.

backup imei Android

Sampai disini anda sudah berhasil mem-backup imei Android anda. Langkah selanjutnya silahkan simak langkah-langkah restore imei.

Cara Restore IMEI Android Tanpa PC :

1. Install kembali aplikasi Mobileuncle MTK Tools lalu jalankan.
2. Masuk ke menu IMEI Backup Restore (MTK) kembali.
3. Kemudian silahkan anda pilih Restore IMEI from SDCARD(MTK) atau Restore IMEI from SDCARD2(MTK). Ini tergantung pada saat anda melakukan backup apakah di SDCARD atau SDCARD2. 

restore imei Android

4. Kemudian silahkan tunggu sampai prosses restore selesai.
5. Langkah terakhir, reboot perangkat anda.

Gimana cukup mudah bukan? Sekarang anda tidak usah khawatir lagi kehilangan imei Android anda karena anda sudah memiliki backup-nya. Demikianlah ulasan singkat tentang cara backup dan restore imei Android tanpa PC. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.