3 Pertolongan Pertama Atasi Bootlop di Android

Pertolongan pertama mengatasi Android bootlop - Smartphone Android bootlop adalah dimana keadaan smartphone tidak dapat mengakses system sehingga hanya terdiam/stuk di booting logo. Penyebab Android bootlop biasanya disebabkan oleh installasi custom rom atau karena mengganti font yang tidak kompatibel dengan perangkat. Biasanya yang sering mengalami Android bootlop adalah para oprekers pemula yang lagi belajar memodifikasi tampilan atau meningkatkan performa smartphonennya dengan mengotak-atik file system.

mengatasi Android bootlop

Android bootlop bisa terjadi pada semua merek dan tipe smartphone, tak terkecuali Asus, Samsung, Lenovo, Sony, Andromax, Advan, Oppo, Evercoss dan lainnya. Sebenarnya untuk mengatasi Android bootlop itu sangat mudah sekali jika kita telah memiliki backup stock rom yang tersimpan di memory perangkat. Namun jika anda tidak memiliki backup-nya. Mungkin anda akan sedikit kesulitan. Diwabah ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa anda lakukan ketika smartphone Android anda bootlop.

Cara Mengatasi Android Bootlop :

1. Matikan Perangkat Android.
Jika anda mengalami bootlop pada smartphone Android anda, hal pertama yang harus anda coba adalah dengan memtikan perangkat. Caranya langsung cabut baterai, cabut semua kartu SIM, lepas memory external MicroSD lalu diamkan hingga beberapa menit. Kemudian coba nyalakan kembali.

2. Masuk ke Dalam Stock Recovery.
Stock recovery mode merupakan bawaan system Android yang bisa kita buka dengan menekan beberapa kombinasi tombol secara bersamaan dalam keadaan perangkat mati. Recovery mode hampir sama seperti Bios jika di komputer. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah setiap merek dan tipe Android mempunyai kombinasi tombol berbeda yang harus di tekan. Untuk mencari kombinasi tombol untuk tipe Android anda, anda bisa mencarinya di Google. 

Sebagai contoh pada Oppo Joy R1001 adalah dengan menekan tombol Volume Down (-) + tombol Power. Setelah masuk ke stock recovery mode, untuk menavigasiya dengan menekan tombol volume down (-) dan up (+). Silahkan anda pilih "Wipe data/Factory Reset". Hal ini untuk mengatur ulang smartphone anda ke pengaturan awal/pabrik. Namun setelah anda melakukan factory reset semua data pada perangkat anda akan terhapus.

3. Flashing Stock ROM Via Custom Recovery CWM/TWRP.
Biasanya yang telah memasang custom recovery adalah para mastah opreker yang perangkatnya sudah di root. Untuk melakukan flashing ulang atau installasi cusrom berbentuk file .zip. 

Jika smartphone anda sudah terinstall custom recovery CWM/TWRP silahkan cari Stock ROM dari tipe smartphone anda di Google dengan kata kunci "Stock Rom (tipe smatphone anda) via recovery". Jika anda sudah menemukan stock rom dari tipe Android anda silahkan download file-nya. Biasanya ber-ekstensi .zip dan berukuran 300MB sampai 600MB. Jika sudah ter-download copy file tersebut ke memory microSD lalu masukan microSD tersebut ke perangkat anda yang bootlop. 

Langkah terakhir masuk ke rcovery mode. Lalu pilih "Wipe data/Factory Reset" kemudian pilih "Advanced" lalu pilih "Wipe Dalvik Cache" jika ada konfirmasi langsung tekan Yes. Selanjuntnya pilih "Install zip" kemudian cari file stock rom yang anda copy tadi kemudian langsung flash. Jika flashing sudah selesai, langsung pilih reboot. Tunggu hingga smartphone anda booting.

Demikian 3 cara mengatasi Android bootlop setelah install cusrom atau karena mengganti font. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.