Cara Benar Kalibrasi Baterai Semua Jenis Android

Cara kalibrasi baterai semua jenis smartphone Android - Jika anda adalah pengguna smartphone Android pasti anda sering merasa jika baterai ponsel anda cepat sekali habis, ini dikarenakan smartphon pintar Android banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang, hal ini yang terus menguras daya baterai tanpa anda sadari. Lama-kelamaan baterai ponsel anda tidak sinkron lagi dengan ukuran yang tertera pada icon baterai yang berada di status bar.

Hal seperti ini kerap terjadi pada semua jenis smartphone Android. Biasanya para pengguna mengira bahwa baterai-nya sudah rusak atau sudah tidak normal lagi. Namun sebelum anda mengganti baterai ponsel anda, anda bisa mencoba tips kalibrasi untuk semua jenis smartphone Android yang akan kami bagikan pada postingan kali ini.

Tujuan kalibrasi baterai Android adalah men-sinkronkan antara pengukur baterai pada status bar dengan daya lisrik yang tertampung didalam baterai. Tetapi perlu diperhatikan bahwa tips yang akan kami bagikan ini bukan untuk membetulkan baterai yang sudah rusak, namun hanya mengkalibrasinya saja. Dengan tujuan untuk memastikan apakah baterai anda benar-benar rusak atau hanya kesalahan system saja. Dibawah ini merupakan cara benar kalibrasi baterai semua jenis Android. Baca juga Cara Merekam Panggilan Suara Secara Otomatis di Android

battery calibration android

Cara Kalibrasi Baterai Semua Jenis Android :

Untuk meng-kalibrasi baterai ada dua cara, cara yang pertama dilakakan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dan cara yang kedua dilakukan dengan manual.

Cara Pertama Kalibrasi Baterai Android Dengan Aplikasi :
  1. Pastikan anda menggunakan baterai yang oroginal bawaan dari produsen smartphone anda. Karena jika anda menggunakan baterai KW biasanya actual tidak sesuai dengan yang di tulis pada baterai.
  2. Langkah kedua adalah mencari tahu kapasitas baterai smartphone anda. Cara-nya bisa dengan searching di Google atau melihat pada keterangan yang terdapat pada baterai.
  3. Jika anda sudah mengetahui kapasitas baterai anda, langkah selanjutnya dalah mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu anda untuk meng-kalibrasi. Aplikasi untuk kalibrasi baterai Android yang dapat anda gunakan adalah bernama CurrentWidget:Baterry Monitor silahkan unduh langsung melalui Play Store.
  4. Jika aplikasinya sudah terinstall pada smartphone Anda langkah selanjutnya adalah charger smartphone anda hingga penuh sampai ukuran parameternya sesuai dengan kapasitas baterai anda. 
  5. Silahkan reboot perangkat anda. Maka kini baterai anda sudah sesuai dengan aktual kapasitas baterai. 
Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual :
  1. Pertama dalam posisi smartphone menyala, silahkan charger smartphone anda seperti biasa hingga penuh (100%). Kemudian jika sudah penuh matikan smartphone anda.
  2. Sekarang dalam keadaan mati, charger kembali ponsel anda hingga penuh. Perhatikan lampu indikator pada perangkat anda, biasanya jika di charger dalam keadaan mati, jika sudah penuh lampu LED akan berubah menjadi warna hijau.
  3. Selanjutnya silahkan nyalakan smartphone anda, habiskan baterai smartphoen anda dengan menonton video, bermain game, atau browsing di internet sampa baterai benar-benar habis dan smartphone anda mati karena kehabisan baterai.
  4. Setelah perangkat anda mati karena kehabisan baterai, silahkan anda diamkan terlebih dahulu sekitar 30 - 60 menit. 
  5. Langkah terakhir, charger kembali smartphone anda dalam keadaan mati hingga penuh (100%). Setelah sudah terlihat penuh, silahkan anda nyalakan kembali smartphone anda.
Nah, sampai langkah nomor 5 maka anda sudah selesai melakukan kalibrasi baterai ponsel anda. Jika baterai anda mengalami perubahan, maka baterai anda tidak benar-benar rusak, anda tidak perlu menggantinya dengan yang baru. 

Demikian ulasan kami tentang cara benar kalibrasi baterai semua jenis Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Benar Kalibrasi Baterai Semua Jenis Android Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 

Advertisement