2 Cara Bersihkan Cache di Android Sampai ke Akar

Cara bersihkan cache di Android sampai ke akar - Cache merupakan file sementara yang di hasilkan oleh aplikasi yang sedang dijalankan pada perangkat Android. Sebenarnya file cache lah yang membuat proses aplikasi berjalan dan membuka secara cepat pada perangkat. Namun sayangnya file cache yang ditinggalkan oleh aplkasi tersebut tidak bisa secara otomatis terhapus oleh system Android.

Akibat file cache yang menumpuk dan lama-kelamaan akan rusak/kada luarsa yang imbasnya pada performa perangkat, seperti Android menjadi lemot, bermain game jadi lag, proses pembukaan aplikasi jadi melambat, serta banyak aplikasi yang ditak dapat dibuka. Tentunya jika hal ini terus dibiarkan, lama-kelamaan akan menimbulkan berbagai masalah baru pada Android anda. 

Maka dari itu anda harus membersihkan cache pada perangkat Android anda sampai bersih ke akar-akarnya. Dibawah ini beberapa cara yang mungkin bisa nada lakukan untuk bersihkan file cache sampai ke akar.

Membersihkan file cache di Android

Berikut 2 Cara Bersihkan Cache di Android Sampai ke Akar:

1. Beriskan Cache Aplikasi Tertentu Melalui Pengaturan.
Sebenarnya semua versi Android sperti GingerBread, ICS, Jelly Bean memilki fitur yang dapat di manfaatkan untuk membersihkan file cache dari satu aplikasi tertentu. Sebagai contoh, jika anda sering menggunakan aplikasi BBM lalu aplikasi tersebut mengalami masalah tidak dapat di buka, berarti file cache aplikasi tersebut sudah menumpuk. Begini cara mengatasinya, masuk ke Pengaturan>Aplikasi> lalu cari aplikasi BBM, scroll ke bagian bawah pilih "Clear Cache/Hpaus Cache".



2. Menggunakan Aplikasi Clean Master.
Jika dengan cara yang pertama kita hanya bisa menghapus file cache aplikasi satu-persatu. Dengan menggunakan aplikasi Clean Master anda bisa secara otomatis menghapus file cache semua aplikasi yang terinstall pada perangkat anda hanya dengan satu sentuhan. Anda dapat menginstall aplikasi ini secara gratis memalui Play Store atau anda dapat mengunduh file apk-nya melalui link ini.


Nah, dengan membersihkan file cache sampai bersih, sekarang Android anda sudah fress kembali dan performanya akan kembali seperti baru lagi. 

Artikel terkait:

Begitulah ulasan tentang 2 cara membersihkan cache di Android sampai ke akar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.