Tips Memebeli HP Android Bekas/Second

Tips membeli HP Android bekas/second - Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan cara untuk mengetahui smartphone Android yang sudah di root atau belum. Pada postingan ini juga masih berhubungan dengan postingan yang kemarin. HP 2nd memang selalu di minaninati oleh para pengguna smartphone, karena memang HP 2nd memiliki harga yang lebih murah, bahkan bisa sampai setengah harga dari yang baru. Namun perlu di perhatikan juga ketika kita membeli HP bekas, karena belakangan ini banyak penjual yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal ini untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Jika anda tidak berhati-hati ketika membeli smartphone Android bekas, maka anda biasa saja mendapatkan smartphone bekas yang sudah rusak. Untuk pedoman anda, silahkan simak tips membeli HP Android bekas dibawah ini.


HP Android bekas

1. Harga
Harga adalah hal yang paling pertama kali kita tentukan. Untuk perbandingan, anda bisa melihat harga smartphone barunya terlebih dahulu. Dan pastikan anda mendapatkan harga tidak lebih dari 85% dari harga barunya.

2. Segel
Segel adalah hal yang pertama harus anda lihat, karena hal ini untuk mengetahui apakah smartphone second tersebut sudah pernah di service atau belum. Jika segelnya terbuka, sudah bisa di pastikan bahwa HP 2nd tersebut sudah pernah di service. Usahakan pilih semartphone bekas yang belum terbuka segelnya, selain lebih terjamin, kemungkinan untuk rusakpun sangat sedikit. 

3. Kondisi
Jangan terlena dengan tampilan kasing yang mengkilat, kasing yang mengkilat tidak bisa menjamin bahwa kondisi mesinnya juga baik, sebaiknya anda cek dengan teliti dan mencoba semua fitur, seperti speaker, layar, getar pastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

4. Kelengkapan
Pastikan juga kelengkapannya, seperti dusbox, charger, headset, buku panduan  dan kartu garansi semuanya masih ada, karena jika semua kelengkapan tersebut tidak ada sama sekali, sebaiknya anda jangan membelinya walaupun harganya lebih murah. Karena di takutkan smartphone tersebut hasil pencurian yang tidak jelas asal usulnya. Pastikan juga bahwa semua aksessorisnya original bawaan dari smartphone tersebut.

5. Kondisi Baterai 
Baterai adalah nyawa dari smartphone, jadi sebaiknya anda teliti terlebih dahulu kesehatan baterainya. Lihat juga kondisi fisik dari baterainya, baterai yang masih normal yaitu memiliki kondisi yang rata pada bagian permukaannya. Untuk memastikan bahwa baterai masih sehat, silhakan anda coba mainkan smarphonenya selama 5 menit, jika daya baterainya langsung berkurang banyak, maka sebaiknya anda meminta baterai yang baru, tentunya yang oroginal.

6. Garansi dari penjual
Mintalah masa gransi dari konter dimana anda membeli smartphone 2nd tersebut. Biasanya konter akan memberikan masa garansi satu minggu untuk anda.

Nah, itulah beberapa tips membeli HP Android bekas. Saya peringatkan lagi, teliti dengan baik kondisi barangnya sebelum anda membelinya. Semoga bermanfaat.

Tips Memebeli HP Android Bekas/Second Rating: 4.5 Posted By: Arwana Pratama

0 komentar:

Post a Comment

 

Advertisement