Cara Mudah Root Semua Android Dengan Framaroot

Pada artikel pertama BlogLang telah membahas cara merubah background foto langsung dari smartphone Android. Namun kali ini BlogLang akan mengulas cara-cara rooting untuk smartphone anda. Mungkin artikel ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki smartphone Android baru ingin mencoba ngeroot smartphonenya.

Mungkin bagi anda yang belum mengetahui apa itu rooting saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian root. Rooting adalah untuk memberikan akses penuh kepada anda terhadap system Android itu sendiri, setelah anda melakukan rooting, anda bisa memodifikasi file-file system smartphone Android anda sendiri layaknya seorang developer. Anda bisa menambahkan, mengurangi bahkan merusaknya. Banyak ke untungan yang akan anda dapatkan setelah melakukan rooting, salah satunya adalah anda bisa swap memori external menjadi internal, hal ini bisa sangat bermanfaat jika anda suka mengkoleksi game-game HD. Karena seperti yang kita tahu, file data dari game Android HD memiliki ukuran kapasitas yang besar. Nah dengan melakukan swap memori maka anda bisa memiliki kapasitas memori internal yang lebih besar. 


Sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya setelah smartphone Android anda diroot, namun saya tidak bisa menyebutkan semuanya disini. Tetapi perlu di perhatikan juga, dibailik keuntungan yang anda dapat setelah rooting, rooting juga memiliki kekurangan dan resiko. Salah satunya adalah masa garansi smartphone anda akan hangus walupun masih tersisa 12 bulan lagi. Selain itu, biasanya smartphone Android yang sudah di root akan sangat rentan terhadap serangan virus dan mallware. 

Tapi anda tenang saja, untuk menutupi kekurangannya. Jika anda akan melakukan claim garansi, anda bisa meng-unroot terlebih daluhu sebelum datang ke service center. Untuk masalah serangan virus dan mallware, anda bisa memanfaatkan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di Google Play Store. Jadi sebelum anda melakukan rooting terhadap smartphone anda, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu untuk resiko dan keuntungannya.

Baiklah untuk cara root Android dengan Framaroot bisa anda lakukan dengan sangat mudah, karena kita tidak perlu menggunakan PC/komputer, melainkan hanya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat anda unduh secara gratis melalui Play Store. Untuk caranya silahkan simak langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

Persyaratan yang harus di persiapkan : 
  • Untuk persyaratan pertama adalah anda menyutujui bahwa resiko akan di tanggung anda sendiri. Sebaiknya sebelum anda melakukan rooting backup terlebih dahulu data-data yang menurut anda penting.
  • Sebelum melakukan rooting pastikan daya baterai masih 50%.
  • Download aplikasi Framaroot versi terbaru 1.9.3 disini atau melalui link ini.
Berikut ini adalah Cara Mudah Root Android dengan Framaroot :
  • Setelah aplikasinya di unduh, silahkan anda install aplikasinya, lalu silahkan jalankan.
  • Untuk memulai rooting smartphone anda, silahkan anda pilih pada menu yang tersedia yaitu "Install SuperUser" dan "Install SuperSU".
  • Kemudian pilih metode eksekusinya "Aragon" dan "Gandalf". Menu ini juga harus sesuai dengan kompatibilitas smartphone anda. Jika muncuk peringatan eror silahkan ulangi dari mulai poin nomor dua.
  • Silahkan anda anda tunggu proses rootingnya, jika Android anda sudah sukses di root maka anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini "superuser and su binary installed. you have to reboot your device". Silahkan reboot perangkat android anda.
  • Untuk memastikan bahwa semartphone anda sudah di root, silahkan anda cek pada menu aplikasi drawer akan ada aplikasi baru bernama "SuperUser" atau "SuperSU". Jika sudah ada, maka selamat Android anda sudah berhasil di root.
Gimana cukup mudah bukan? Untuk memastikannya lagi apakah smartphone anda sudah diroot, silahkan anda coba mengintall aplikasi yang membutuhkan akses root seperti Psiphone atau AdAway. 

Untuk mengetahui smartphone apa saja yang bisa di root dengan aplikasi Framaroot ini anda bisa melihatnya langsung di XDA Developer . Nah, mungkin cukup sekian ulasan tentang cara mudah root smua Android dengan Framaroot. Jika anda masih kesulitan, anda bisa menanyakannya pada admin blog lang ini melalui forum komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.